Pantai Pink Lombok

pantaipinklombok

Pantai Pink yang terletak paling ujung Pulau Lombok sebenarnya bukan objek Wisata baru bagi masyarakat Lombok Timur, pantai dengan sebutan Tangsi oleh masyarakat sekitar dan Pantai Pink oleh wisawatan domestic karena pasir pantainya ketika kena ombak pasang maka airnya akan berubah menjadi Pink/Ungu. Inilah ke uniqan pantai pink yang terletak di Desa Jero Waru, Lombok Timur dan di tempat ini juga terdapat salah satu peninggalan jaman penjajahan Jepang berupa Meriam dan terdapat juga Gua tempat persembuyian Jepang.

Kata Tangsi berasal dari kata ASRAMA atau BARAK karena disini juga terdapat peninggalan jaman penjajahan jepang berupa Sebuah Meriam.

Satu hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Tangsi / Pantai Pink adalah pasirnya yang berwarna Pink alias Merah Muda. Di Indonesia cuma ada dua tempat pantai yang pasirnya berwarna Pink, salah satunya adalah yang berlokasi di Pulau Komodo, kalau dilihat lebih dekat, sebenarnya warna asli pasir Pantai ini sebenarnya putih, namun karena bercampur dengan serpihan serpihan terumbu karang yang berwarna pink, seiring prosesi alam lalu serpihan serpihan terumbu karang ini kemudian menyatu dan membentuk warna merah muda, apalagi saat terkena air laut dan terpapar sinar matahari, sehingga warna Pink nya jelas sekali terlihat.

Selain pasir pantainya yang berwarna khas pink, Pantai ini juga memiliki panorama alam yang sangat mengesankan. Dikelilingi oleh tebing – tebing yang cukup tinggi dengan berugak (semacam pondok / pendopo) diatasnya yang disediakan untuk  para wisatawan menikmati hamparan lautan lepas. Pemandangan dari atas tebing juga akan membuat anda terpukau dengan panorama indah dibawah tebing. Aroma air laut yang khas, belaian hembusan angin dan suara ombak yang membentur karang membuat hati siapapun yang berkunjung kesini menjadi tenang.

Untuk mencapai lokasi Pantai Tangsi / Pantai Pink membutuhkan waktu dua jam dari Kota Mataram, jarak yang lumayan jauh. Rutenya sama persis dengan Rute menuju Tanjung Ringgit, karena memang lokasi keduanya berdekatan. Hanya saja Pintu masuk Pantai Tangsi berada di sebelah kiri, sekitar 1 KM sebelum Tanjung Ringgit. Nah di Pintu masuknya itu ada petunjuk/ rambu kecil disebelah kiri jalan bertuliskan “Pantai PINK 50 meter”

Pantai Pink  memiliki arus yang cukup tenang dengan deburan ombak yang sangat kecil, sehingga asik untuk bermain – main dan tidak membahayakan. Jika sempat bersnorkeling, maka anda akan dibuat takjub oleh terumbu terumbu karangnya yang sangat indah. Walaupun sebagian titik terumbu terumbu karang yang terlihat hanya berupa sisa sisa terumbu karang yang sudah hancur oleh jangkar – jangkar perahu para Nelayan.